imki

imki
lambang imki

Kamis, 17 November 2011

Natrium

NaTrium

Natrium adalah unsur logam yang melimpah yang merupakan mineral penting untuk semua organisme hidup. Hal ini juga banyak digunakan industri untuk membuat berbagai macam barang-barang konsumsi. Logam lunak ini  juga muncul dalam kelimpahan senyawa, seperti natrium klorida, lebih dikenal sebagai garam. Hal ini juga ada dalam konsentrasi tinggi dalam air laut, dan itu merupakan satu dari 10 mineral yang paling melimpah di kerak bumi.
Sifat Fisik
Nomor Atom11
Masa Atom22.98977 g.mol -1
Keelektronegativan dalam Pauling0.9
Kerapatan0.97 g.cm -3 at 20 °C
Titik Leleh97.5 °C
Titik Didih883 °C
Vanderwaals radius 0.196 nm
Jari-Jari Ion0.095 (+1) nm
Isotopes3
Konfigurasi Elektron[Ne] 3s1
Energi Ionisasi Pertama495.7 kJ.mol -1
Potensial Standar- 2.71 V
PenemuSir Humphrey Davy in 1807


Baca Lebih Lanjut:
http://www.lenntech.com/periodic/elements/na.htm#ixzz1K54TRhnS
Dalam bentuk murni, natrium adalah lembut, abu-abu keperakan, logam yang sangat reaktif. Murni natrium biasanya disimpan dalam zat nonreactive, karena mengoksidasi cepat saat terkena udara, cepat membentuk lapisan tebal. Unsur kimia ini juga sangat mudah meledak bila terkena kelembaban dan air, untuk menyenangkan banyak mahasiswa kimia. Karena elemen sangat reaktif, biasanya ditemukan secara alami dalam senyawa dengan unsur-unsur lain. Banyak dari senyawa, seperti garam, sangat stabil dan aman untuk menangani. Senyawa lainnya, seperti Natrium hidroksida, perlu ditangani dengan hati-hati karena mereka bisa berbahaya.
Pada tabel periodik unsur, natrium diidentifikasi dengan simbol Na. Ini adalah referensi ke sebuah natrium kata Latin, digunakan untuk merujuk kepada jenis tertentu garam, jika Anda sudah bertanya-tanya bagaimana "Natrium"dapat berubah menjadi Na. Nomor atom Natrium adalah 11, menempatkannya antara lain unsur kimia ringan, dan itu pertama kali diisolasi pada tahun 1807 oleh Sir Humphrey Davy, seorang ahli kimia yang sangat aktif yang berhasil mengidentifikasi dan mengisolasi berbagai unsur kimia. Davy dicapai isolasi ini dengan melewatkan arus listrik melalui suatu senyawa natrium untuk memisahkan unsur-unsur.

Meskipun Sir Davy pasti terisolasi elemen, keberadaannya dipahami dengan baik sebelum 1807. Manusia memiliki sejarah panjang dengan natrium dan bermacam-macam senyawa natrium. Karena elemen sangat penting untuk hidup sehat, tidak mengherankan bahwa sumber natrium seperti natrium klorida pernah sangat dihargai oleh manusia. Beraneka ragam senyawa natrium lain yang digunakan di seluruh rumah dan di industri manufaktur selama berabad-abad sebelum elemen itu sepenuhnya dipahami.

Natrium bereaksi cepat dengan air, dan juga dengan salju dan es, untuk menghasilkan natrium hidroksida dan hidrogen. Ketika  terkena udara pada saat kita memotong logam ini,bekas potongan memperlihatkan tampilan keperakan dan memperoleh warna abu-abu buram akibat pembentukan lapisan oksida natrium. Natrium tidak bereaksi dengan nitrogen, bahkan pada suhu yang sangat tinggi, tetapi dapat bereaksi dengan amonia untuk membentuk amida natrium. Natrium dan hidrogen bereaksi atas 200 º C (390 º F) untuk membentuk natrium hidrida. Natrium hampir tidak bereaksi dengan karbon, tetapi tidak bereaksi dengan halogen. Hal ini juga bereaksi dengan logam halida berbagai untuk membentuk klorida logam dan natrium. Natrium tidak bereaksi dengan hidrokarbon paraffinic, tetapi membentuk senyawa Selain itu dengan naftalena dan senyawa aromatik polisiklik dan dengan alkena aril. Reaksi natrium dengan alkohol adalah mirip dengan reaksi natrium dengan air, tetapi lebih lambat. Ada dua reaksi umum dengan halida organik. Salah satunya mensyaratkan kondensasi dua senyawa organik, yang merupakan halogen ketika mereka dieliminasi. Tipe kedua dari reaksi termasuk penggantian halogen oleh natrium, untuk mendapatkan senyawa natrium organik.
Aplikasi
Natrium dalam bentuk logamnya sangat penting dalam pembuatan ester dan dalam pembuatan senyawa organik. Natrium juga merupakan komponen natrium klorida (NaCl) yang compount sangat penting yang ditemukan di mana-mana di lingkungan hidup. Kegunaan lain adalah: untuk memperbaiki struktur paduan tertentu, dalam sabun, dalam kombinasi dengan asam lemak, di lampu uap natrium, untuk logam descal, untuk memurnikan logam cair. Solid natrium karbonat diperlukan untuk membuat kaca.
Kelimpahan Natrium
Natrium  adalah unsur keenam yang paling berlimpah di kerak Bumi, yang mengandung 2,83% natrium dalam segala bentuknya. Natrium, setelah klorida, unsur kedua yang paling berlimpah terlarut dalam air laut. Garam natrium yang paling penting yang ditemukan di alam adalah natrium klorida (garam karang atau garam batu), natrium karbonat (trona atau soda), natrium borat (boraks), natrium nitrat dan natrium sulfat. garam Natrium ditemukan dalam air laut (1,05%), danau asin, danau alkali dan air mineral musim semi. .
Produksi garam adalah sekitar 200 juta ton per tahun, ini jumlah besar terutama diambil dari deposito garam dengan memompa air bawah membuat lubang untuk membubarkan dan memompa air garam.
Matahari dan bintang-bintang lainnya bersinar dengan cahaya terlihat di mana komponen kuning mendominasi dan ini diberikan oleh atom natrium dalam keadaan energi tinggi.
Kesehatan efek natrium
Natrium adalah senyawa bahan makanan banyak, misalnya garam umum. Hal ini diperlukan bagi manusia untuk menjaga keseimbangan sistem cairan fisik. Natrium juga diperlukan untuk fungsi saraf dan otot. Terlalu banyak Natrium dapat merusak ginjal kita dan meningkatkan kemungkinan tekanan darah tinggi.
Jumlah natrium seseorang mengkonsumsi setiap hari bervariasi dari individu ke individu dan dari budaya ke budaya; beberapa orang mendapatkan sedikit 2 g / hari, beberapa sebanyak 20 gram. Natrium adalah penting, tetapi controversely mengelilingi jumlah yang dibutuhkan.
Kontak natrium dengan air, termasuk keringat menyebabkan pembentukan asap natrium hidroksida, yang sangat mengiritasi kulit, mata, hidung dan tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan bersin dan batuk. Sangat eksposur yang parah dapat mengakibatkan sulit bernapas, batuk dan bronkitis kimia. Kontak kulit dapat menyebabkan gatal, kesemutan, luka bakar termal dan kaustik dan kerusakan permanen. Kontak dengan mata dapat mengakibatkan kerusakan permanen dan kehilangan penglihatan.
Lingkungan pengaruh natrium

bentuk bubuk Natrium adalah sangat eksplosif dalam air dan racun gabungan dan tanpa gabungan dengan elemen lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls